Peran Media Baru sebagai Media Dakwah dan Kemandirian Sosial-Religius
Sekitar 200 mahasiswa mengikuti Kuliah Umum yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga, di Gedung Teatrikal FDK, Senin (13/3). Kuliah umum yang bertemakanOptimalisasi Media Baru sebagai Media Dakwah dan Kemandirian Sosial-Religiusini diikuti oleh dua angkatan prodi KPI yaitu angkatan 2015 dan 2016.
Pada sambutannya, Drs Abdul Rozak MPd selaku Ketua Jurusan KPI mengatakan bahwa saat ini terdapat 160 juta jiwa menggunakan media baru seperti sosial mediainstagram,facebooksetiap harinya. “Sebagai mahasiswa KPI harus mampu mengoptimalkan media baru ini sebagai ladang dakwah,” imbuh Rozak.
Berbeda dengan kuliah umum sebelumnya, kuliah umum kali ini banjir hadiah berupapowerbankdanflashdiskyang disiapkan pembicara. Pemateri kuliah umum adalah alumni KPI yang berprofesi sebagaifreelancer,Dede Ariyanto S.KomI. Peserta sangat antusias mengikuti kuliah umum yang dipandu salah satu dosen KPI, Dra Hj Evi Septiani TH, MSi. Kuliah berjalan sangat interaktif.
Dalam paparannya, Dede banyak menceritakan pengalamannya menjadi seorangfreelancer. Karya-karyanya berupa video banyak ditayangkan oleh televisi nasional maupun media promosi lainnya. Pembicara memotivasi peserta bahwa menjadi seorangfreelancer, bisa menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Salah satu kuncinya adalah, “Kita harus mencaripassionyang kita miliki dan tekuni passion tersebut,” ujar Dede di sesi akhir kuliah umum. (ch/humas)