Kebanggaan Orang Tua Wisudawati Difabel

Yogyakarta, 15 Mei 2024 – Ada hal yang sangat Istimewa pada saat Wisuda Sarjana,Magister, dan Doktor Periode III Tahun Akademik 2023/2024 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di hari kedua. Dengan lulus predikat Cumlaude wisudawati berkebutuhan khusus low vision yaitu NINDA ANNISA RISWARDHANI dari Program Studi Sastra Inggris, dengan menempuh masa studi kurang dari empat tahun.

Gadis Klaten ini tetap semangat kuliah walau dengan kerbatasan yang ada pada dirinya, namun tidak menyurutkan langkahnya setiap hari memasuki kampus penuh harapan agar tercapai asanya yang menggebu dalam diri Anissa pangilan akrab teman-temannya.

Saya menempuh perkuliahan selama 7 semester. Selama kuliah ini lebih banyak sukanya daripada dukanya karena pihak prodi selalu sigap dan sangat responsif untuk mengatasi permasalahan yang saya hadapi. Karena saya tidak mampu berjalan jauh dan berdiri lama, pihak prodi memfasilitasi agar ruang kelas saya selalu berada di lantai 1 sehingga tidak perlu menaiki tangga. Saya merasa diterima dengan sangat baik oleh para dosen dan teman-teman. Teman-teman saya juga selalu siap membantu dan sering bertanya adakah yang perlu dibantu katanya saat wawancara.

Saya memilih Sastra Inggris karena sejak kecil saya sangat menyukai bahasa Inggris. Selama berkuliah saya tidak hanya mendapat banyak ilmu, saya juga dibentuk untuk menjadi individu yang berpikir kritis dan memandang suatu permasalahan dengan berbagai sudut pandang. Harapannya semoga setelah lulus saya dapat membagi ilmu yang saya dapatkan dengan orang lain.

Saya ingin berterima kasih kepada para dosen serta pihak prodi dan fakultas yang selalu mempermudah proses perkuliahan saya, imbuhnya.

Tentu hal ini tidak terelepas dari support orang-orang terdekatnya, baik kedua orang tuanya, keluarga besarnya dan tentu saja sangat besar peran nya para dosen di fakultas Adab dan Ilmu Budaya serta juga tendik yang membantu bila ada kesulitan.

Hal ini juga di sampaikan Bapak Sunoko sebagai orang tua Anisa mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya. "Alhamdulillah pada hari ini, Rabu, 15 Mei 2024, anak kami bisa menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Sastra Inggris. Selama belajar di UIN, alhamdulillah mendapatkan support dari Pihak Universitas, terutama dari dosen-dosennya yang memberikan kemudahan. Misalnya dengan, menempatkan kelasnya di lantai 1. Jadi anak saya terbantu dan tidak harus ke lantai atas," ujarnya, saat ditanya oleh Tim Humas.

Lebih lanjut, pak Sunoko menambahkan, "Anak saya alhamdulillah dengan keterbatasannya dapat menyelesaikan belajarnya dengan hasil yang memuaskan, yaitu bisa meraih cumlaude. Sangat bangga sekali sebagai orang tua. Semoga ilmunya bisa bermanfaat ke depannya untuk masyarakat. Dan anak saya masih bercita-cita untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu di S2”.

Di akhir wawancara, pak Noko menyampaikan harapan dan apresiasinya kepada UIN Sunan Kalijaga, "Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, semoga akan lebih baik lagi dan dapat menghasilkan generasi yang terbaik untuk bangsa ini. Terima kasih dan bertiga bersama istri dan Anisa menutup dengan penuh semangat ”UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa, UIN Sunan Kalijaga Mendunia!!"

Prosesi wisuda ini menandai langkah awal bagi para lulusan untuk memasuki dunia profesional dan melanjutkan kontribusi mereka bagi masyarakat dan bangsa. UIN Sunan Kalijaga terus berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik bagi seluruh mahasiswanya, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, guna mencapai pendidikan yang inklusif dan bermutu tinggi. ( Tim Humas)