Debut Rektor Baru: Pimpin Upacara HUT ke-79 RI

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakanUpacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun, pada hari ini, Sabtu (17/08/2024) di halaman Gedung Prof. Dr. KH. Saifuddin Zuhri. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Noorhaidi, S.Ag., M.A., M.Phil., Ph.D., dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika, termasuk Dosen, Tenaga Kependidikan, petugas keamanan, serta Mahasiswa dengan menggunakan pakaian adat nusantara,

Dalam sambutannya, Rektor yang baru saja dikukuhkan pada 9 Agustus 2024 tersebut menyampaikan pesan Menteri Agama terkait peringatan HUT ke-79 RI. Beliau mengawali sambutannya dengan ungkapan syukur atas segala nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, terutama berkah Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Agama pada peringatan HUT RI ini mengajak masyarakat Indonesia mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Ia menegaskan bahwa kemerdekaan adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat demi kemajuan bangsa, dan ASN harus hadir dengan penghormatan dan komitmen melanjutkan pembangunan,.

Menurutnya, peringatan HUT RI yang meriah di seluruh pelosok negeri merupakan simbol penghormatan kepada para pendiri bangsa. Bagi ASN Kementerian Agama, peringatan ini merupakan momentum untuk menjaga harmoni dan memperkuat integritas. Kemerdekaan harus diterapkan dengan memperkuat integritas dan profesionalitas ASN dengan menjadi teladan dalam menjalankan tugas dan memastikan setiap keputusan didasarkan pada nilai-nilai luhur agama dan Pancasila.

Ia juga mengingatkan pentingnya memperluas ruang belajar dan meningkatkan kapasitas ASN agar siap menghadapi berbagai tantangan. Selain itu, ditekankan juga pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara semua elemen bangsa, karena tidak ada kemajuan tanpa kerjasama. Untuk itu, ASN Kementerian Agama harus mampu menjalin komunikasi yang baik dan berbagi pengetahuan demi mencapai cita-cita nasional.

Disampaikan pula bahwa dalam menghadapi periode Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, ASN Kementerian Agama sudah sepantasnya menyiapkan diri dengan akselerasi kerja yang cepat, transparan, dan profesional. Ia menegaskan bahwa menjaga kerukunan umat beragama adalah tanggung jawab besar yang harus diemban dan menyeru ASN Kementerian Agama untuk berada di garis terdepan dalam mengawal keberagamaan yang inklusif, moderat, dan toleran,

Sambutan diakhiri dengan menyemai harapan agar setiap langkah yang diambil diberkahi oleh Allah SWT dalam menebarkan kebaikan dan merajut solidaritas sosial di masyarakat.

Pasca upacara kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama Rektor sebagai salah satu bentuk euforia terhadap Kemerdekaan RI dan juga sebagaiRektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang baru dilantik pada tanggal 9 Agustus 2024. (Tim Humas)