LPM Selenggarakan Workshop Induksi Mutu SPMI dan SPME

Penjaminan mutu merupakan salah satu program yang sangat penting dilaksanakan untuk memberi jaminan atas mutu pendidikan yang diselenggarakan serta memberi kepastian tercapainya Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sistem penjaminan mutu terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom atau mandiri untuk mengendalikan dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan.

Sedangkan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) adalah kegiatan penilaian terhadap kelayakan dan tingkat pencapaian mutu program dan perguruan tinggi oleh lembaga eksternal misalnya oleh BAN-PT (akreditasi) atau lembaga internasional.

Keberhasilan dan kesuksesan implementasi sistem penjaminan mutu merupakan tugas seluruh komponen di perguruan tinggi. Oleh karena itu, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM ) UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan Induksi Mutu SPMI dan SPME bagi Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Dosen, auditor, pengendali sistem mutu dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan hari Senin, 18 Januari 2021 yang dihadiri peserta secara luring di Convention Hall maupun daring via platform zoom.

Dalam sambutannya Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.Ag menyampaikan bahwa seluruh sivitasi akademika harus menjaga komitmen terhadap mutu karena merupakan tugas bersama. Selanjutnya, Ketua LPM yaitu bapak Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si mengatakan bahwa LPM sudah merancang kegiatan sepanjang 2021 untuk mempersiapkan prodi – prodi memperoleh akreditasi unggul dan akreditasi internasional. "Kegiatan workshop SPMI dan SPME ini adalah salah satu rangkaian kegiatan untuk mecapai target pencapaian tersebut," ungkap Rektor.

Dr. Epha Diana Supandi, M.Sc selaku ketua kegiatan mengatakan bahwa tujuan kegiatan induksi untuk meningkatkan kesadaran mutu (quality awareness) kepada seluruh pimpinan dan sivitas akademika di UIN Sunan Kalijaga. Narasumber kegiatan induksi mutu adalah ibu Leni Sophia Heliani, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada menyampaikan bahwa siklus SPMI yaitu PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk memperolah akreditasi Unggul dan akreditasi Internasional.

Kegiatan induksi mutu ini mendapat tanggapan yang sangat baik dari seluruh peserta. Para peserta menyampaikan bahwa workshop sangat bermanfaat dan menambah wawasan terkait sistem penjaminan mutu dan persiapan akreditasi unggul. (Nurul)