LPM UIN Sunan Kalijaga Laksanakan Rekrutmen dan Pelatihan Auditor Internal 2021

Audit Mutu Internal (AMI) merupakan kegiatan audit berkala yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penyelenggaraan AMI mutlak diperlukan agar proses PPEPP dapat berjalan untuk menjamin tercapainya continuous improvement. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) pasal 3 ayat 2.e yang menyatakan bahwa sistem penjaminan mutu internal harus selalu dikembangkan dan diselenggarakan dengan mengacu kepada SNPT .

Pelaksanaan Audit ini dilakukan oleh Auditor yang berasal dari dosen dan tendik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selama ini UIN Sunan Kalijaga telah memiliki 53 Auditor internal, namun beberapa diantaranya tidak dapat bertugas aktif sebagai auditor internal karena kesibukan terkait tugas tambahan dosen atau sedang menempuh studi lanjut. Oleh karena itu dipandang perlu dilakukan rekrutmen Auditor Internal UIN Sunan Kalijga. Selanjutnya dilakukan pelatihan bagi para auditor internal agar benar-benar siap melaksanakan audit mutu di UIN Sunan Kalijaga. Rekrutmen Auditor Internal bertujuan agar tersedia tim Auditor Internal sesuai dengan yang dibutuhkan oleh UIN Sunan Kalijaga serta pelatihan bagi mereka agar terdapat persamaan persepsi terkait sistem penjaminan mutu dan proses audit di lingkup UIN Sunan Kalijaga.

Peserta yang ikut dalam kegiatan Pelatihan Auditor Internal yang dilaksanakan selama 4 hari yakni tanggal 25 - 28 Januari 2021 secara luring dan daring ini terdiri dari para dosen dan tendik yang berada di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Keikutsertaan mereka melalui pendaftaran yang kemudian diseleksi sesuai persyaratan yang sudah ditentukan oleh LPM. Jumlah peserta yang ikut setelah diseleksi berjumlah 52 orang.

Kegiatan Pelatihan ini menghadirkan Tim Globalgrop Service sebagai Nara Sumber yang sudah sangat berkompeten dalam bidang training Quality Assurance (QA), yakni Sapto Hariyono, S.Hut, M.H dan Tirtana Brachnata, S.E, M.M. Materi yang disampaikan oleh beliau berdua adalah berkaitan dengan ISO 9001: 2015 dan ISO 19011: 2018. Selain itu panitia juga menghadirkan Nara Sumber dari perguruan tinggi yakni Prof. Dr. Ir. Aulia Siti Aisjah, MT Ketua Lembaga Penjaminan Mutu ITS Surabaya dengan materi SPMI dan Best Practisesnya di ITS. Kemudian Dr. M. Fakhri Husein, SE., M.Si Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan materi SPMI dan Best Practice-nya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Secaramayoritas peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dari hari pertama sampai terakhir tetap bersemangat. Semoga hal ini menjadi modal dan energi baru bagi UIN Sunan Kalijaga dengan kehadiran mereka nantinya dalam Tim Auditor Internal. Selamat kepada semua peserta,” kata Fakhri usai acar pelatihan. (Nurul)