Lulusan TI UIN Suka jadi associate proffesor di PT Terkemuka di Korea Selatan

Setelah tiga tahun dibuka (sejak tahun 2018), kini Program Magister Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meraih Akreditasi “Baik Sekali” dengan skore 308 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perolehan AkreditasiBaik Sekali Program Magister Informatika ini didasarkan pada Keputusan BAN-PT No.1339/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2021. Perkembangan yang pesat Program Magister Informatika juga telah didukung prestasi akademik Prodi S1 Teknik Informatika yang juga telah terakreditasi A dari BAN-PT. Alumni program studi sarjana informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga telah berkarya di berbagai bidang, diantaranya bahkan ada yang berkiprah sebagai dosen (associate proffesor) di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Korea Selatan.

Ketua Program Magister Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Dr. Ir. Bambang Sugiantoro menyampaikan rasa syukurnya atas kerja keras Tim-Work nya, hingga dicapai prestasi pengembangan akademik ini. Bambang Sugiantoro menjelaskan, Pada tanggal 17-18 Februari 2021, telah dilaksanakan kegiatan Asessment Lapangan (AL) dari BAN-PT untuk prodi Magister Informatika. Adapun yang bertindak sebagai assesor adalah Prof.Drs. Heru Suhartanto, M.Sc, Ph.D ( UI) dan Dr. Surya Sumpeno, ST, M.Sc. (ITS). Dalam melaksanakan visitasi kelengkapan borang dan vititasi lapangan para Assesor didampingi Kaprodi Dr. Ir. Bambang Sugiantorodan, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Hj. Khurul Wardati M.Si., serta para Wakil Dekan, Dr. Ir Shofwatul Uyun, Dr. Arifah Khusnuryani, Dr. Fathorrahman selaku UPPS.

Alhamdulillah, atas izin Allah Subhanahu wa Ta'ala, teriring ucapan trimakasih kami ucapkan kepada para asesor BAN PT dan usaha maksimal seluruh pihak yang terlibat baik dari UPPS (Unit Pengelola program Studi) Fakultas Saintek, Tim akreditasi dan rekan-rekan unit dari Universitas, proses assesment dapat berlangsung dengan lancar dari awal hingga assesment berakhir pada hari kedua.

Dijelaskan, usai pelaksanaan visitasi, Tim Assesor sepakat bahwa, Prodi Magister telah memenuhi syarat perlu akreditasi Baik Sekali. Yang pertama; Skor butir penilaian Jabatan Akademik DTPS (dosen tetap perguruan tinggi yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi) >= 3,0. Yang kedua; Skor butir penilaian Publikasi Ilmiah Mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama DTPS, dengan judul yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir >= 2,5, Jelas Bambang Sugiantoro.

Menurut Bambang Sugiatoro, dalam proses pembelajarannya, Program Magister Informatika penerapan sistem pendidikan yang berbasis keluaran (outcome and output based education) sesuai dengan perkembangan model pendidikan tinggi terkini, Program Magister Informatika mencoba berperan untuk menyiapkan alumni yang mampu berkontribusi di era industri 4.0 ini. Ciri khas dari Program Magister Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah menyelenggarakan kajian yang berfokus pada perekayasaan sistem yang bersifat sosio-religio-teknis untuk memenuhi pesatnya kebutuhan atas perkembangan dunia industri, khususnya industri syariah dan industri halal di era disrupsi ini.

Dalam penyelenggaraannya, program magister informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta didukung oleh staf pengajar yang terdiri dari para guru besar serta dosen-dosen profesional yang telah bersertifikat kompetensi dan merupakan lulusan dari beberapa perguruan tinggi terkemuka baik dalam maupun luar negeri. Terimakasih atas semua pihak yang telah mendukung dan atas kerja kerasnya bagi Universitas kita tercinta. (Weni)