UIN Sunan Kalijaga Beri Bantuan Penelitian tentang Keberagaman

UIN Sunan Kalijaga memberikan bantuan dana penelitian kepada sejumlah 26 orang mahasiswa untuk melakukan penelitian bertema keragaman dan pendidikan seks. Seremonial pemberian dana bantuan penelitian ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, dilanjutkan dengan penyerahan dana bantuan penelitian secara simbolis oleh Rektor UIN Suka, Prof. Al Makin, di ruang pertemuan lt. 2, gedung Prof. Saifuddin Zuhri, 20/6/2022. Turut hadir membersamai pada acara ini Wakil Rektor 2, bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Prof. Sahiron, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Afdawaiza, Dekan Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam, Dr. Inayah rahmaniyah, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Emma Marhumah, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Khurul Wardati, dan Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora, Dr. Mochammad Sodik.

Sementara itu, sejumlah mahasiswa penerima bantuan penelitian terdiri dari: 11 orang Mahasiswa Prodi S1, yakni: Nurmini Minarsih dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Arinda Musikah Pertiwi dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Astri Novitasari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, M. Frendis Priyatama dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Arif Prasetya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Ika Amalia dari Fakultas Sains dan Teknologi, Annisya Sayyida Hafsyah dari Fakultas Sains dan Teknologi, Irfan Agung Prakoso dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Suratun dari Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam, Arjuna Tanjung dari Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam, Shofwatullah Mushoffi dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Dari Program Magister (S2) 14 orang, yakni: Wela Celsi Angela dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Khoirotul Ni’amah dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ani Mariani dari Pascasarjana, Umi Masruroh dari pascasarjana, Muhammad Shofiyul Muna dari Pascasarjana, Shahriza dari Pascasarjana, Saripaini dari Pascasarjana, Muhammad Hatami dari Fakultas Syari’ah dan Hukum, Ahmad Baily dari Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam, Hasyim wibowo dari Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam, Humairah dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Ratih Himmatul Azizah dari Fakultas Ushuluddin dan pemikiran Islam. 3 orang dari Program doktor (S3) yakni: Zidni Immawan Muslimin dari Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan, Rz. Ricky Satria Wiranata dari Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan, dan Salim dari Program Doktor Pascasarjana.

Prof. Al Makin dalam sambutannya berharap melalui program bantuan penelitian kali ini akan banyak terlahir penelitian yang orisinil dan berkualitas yang mengedukasi tentang indahnya nuansa kehidupan yang mengedepankan pluralisme/keberagaman, moderasi beragama, juga tidak kalah pentingnya pendidikan seks untuk generasi milenial agar tercipta generasi yang berkualitas dan mengindahkan nilai-nilai agama.

Dr. Abdur Rozaki menambahkan, besarnya dana bantuan penelitian untuk program S1 sebesar Rp. 1.500.000, Program Magister (S2) sebesar Rp. 2.500.000,- dan Program Doktor (S3) sebesar Rp. 3.500.000,- dan akan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa. Senada dengan apa yang disampaikan Rektor, pihaknya juga berharap dapat terlahir karya-karya penelitian yang orisinil dan bermanfaat untuk mengedukasi masyarakat. “Proyek ini merupakan tahap awal, jika hasilnya bagus, tentunya akan diperbanyak,” kata Abdur Rozaki. (Dimas/Alfan/Weni/Ihza)