Dari Hobi Berbuah Menjadi Prestasi

Siapa sangka dari awalnya hanya hobi bisa mendatangkan berkah. Ini yang berhasil didapat Revika Anita Sari, Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga. Revika berhasil meraih juara 3 dan juara Favorit tingkat nasional lomba Infografis dalam rangkaian Lomba Social Wellfair yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial UI, 6/3 lalu.

Menurut Revika, acara ini bertujuan sebagai ruang diskusi dan alat penyebaran informasi terkait Ilmu Kesejahteraan Sosial, dengan sasaran peserta mahasiswa atau mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial di Indonesia tingkat Strata 1 (S1).

Kaprodi Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Siti Solechah, M.Si. mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Revika Anita Sari atas diperolehnya prestasi juara 3 dan juara favorit lomba infografis. Semoga sukses selalu dan memotivasi temen yang lainnya untuk mengikuti kompetisi dan meraih kesuksesan. “Namun jangan lupa prestasi bidang akademik tetap diutamakan,yah,” tutur Solekhah.

Revika Anita Sari mengatakan kalau mengikuti lomba ini berdasarkan hobi mendesain poster dan mengedit video. Dari kemampuan itu saya mendaftarkan ikut lomba itu. “Saya ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat dan ini kesempatan emas untuk mengasah kemampuan saya di bidang editing. .” kata Revika.

Revika menjelaskan persiapan mengikuti lomba dengan mencari tahu tentang apa itu infografis, apa saja jenisnya, apa saja manfaatnya dan seterusnya. Pada saat itu, saya mulai paham bahwa infografis adalah suatu informasi yang disajikan dalam bentuk teks yang dipadukan dengan elemen visual di mana seseorang bisa membaca suatu informasi dengan cepat dan mudah untuk diingat.

Revika membuat infografis sesuai dengan fakta dan kondisi yang sedang terjadi di DKI Jakarta dan dengan data-data yang relevan. Tahap demi tahap dilakukanya; mulai dari isi, rangkaian desain, pemilihan gambar, penempatan gambar dan elemen-elemen yang lainnya. Revika dapat menyelesaikan karya infografisnya, yang kemudian ia beri judul "Bersinergi Wujudkan Kesejahteraan Sosial di Masa Pandemi COVID-19."

Isi infografis ini mengenai alasan mengapa Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di DKI Jakarta menurun sedangkan kasus positif COVID-19 terus naik dan berisi tentang peran penting seluruh elemen masyarakat dalam menanggulangi permasalahan COVID-19 ini. Mengapa data yang saya sajikan adalah data di DKI Jakarta? Ya, sesuai dengan namanya DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta yang menjadi poros kehidupan Warga Negara Indonesia di mana banyak orang yang menggantungkan nasibnya di sana dengan harapan dapat mencapai kesejahteraan, ungkap Revika.

Pengumuman lomba dilakukan melalui aplikasi Zoom, 6/3 pukul 15.00 WIA via zoom. Dengan perolehan like sebanyak 578 followers di unggahan instagram @socialwellfair, Revika menempati posisi juara 3, sekaligus juara favorit. (khabib/Weni)