Faiq Ilham Rosyadi Raih Gelar Doktor Usai Meneliti Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Program Doktor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Ujian Terbuka Promosi Doktor ke-2 bagi Mahasiswa Faiq Ilham Rosyadi. Faiq mempresentasikan karya disertasinya dengan judul disertasi " Transformasi pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Berbasis Pondok Pesantren Modern di Magelang." Ujian terbuka digelar di Ruang Pertemuan lantai 3 Gedung Magister dan Doktor FITK Sambilegi.

Promovendus mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan tim penguji yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni M.Pd, Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertindak sebagai ketua sidang dan Dr. Nasiruddin, M.Pd. M.S.I., Sekprodi PBA S3 sebagai sekretaris sidang. Tim Penguji terdiri dari para akademisi terkemuka untuk memastikan bahwa disertasi yang diajukan sarat novelty dan memberikan kontribusi signifikan terhadap dunia Pendidikan Bahasa Arab. Tim penguji terdiri dari: 1) Prof. Dr. Sugeng Sugiyono. M.A., Promotor I sekaligus Penguji I, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2) Dr. Muhajir, M.S.I, Promotor 2 sekaligus Penguji II, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 3) Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Penguji III. 4) Prof. Dr. Ibnu Burdah, S.Ag., M.A.. Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Penguji IV. 5) Dr. Sembedo Ardi Widodo, S.Ag, M.Ag., Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Penguji V, dan terakhir. 6) Prof. Madra Dr. Abdur Rouf bin Hassan., Guru Besar Universitas Putra Malaysia sebagai penguji VI.

Di hadapan para penguji promovendus menjelaskan bahwa berdasarkan riset yang telah dilakukan terdapat empat fungsi yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk mewujudkan transformasi pembelajaran bahasa Arab. Empat fungsi tersebut adalah adaptation, goal attainment, integration, latency. Adaptasi, pembelajaran bahasa Arab harus memiliki kemampuan untuk merespon berbagai peluang dan tantangan perubahan zaman. Penentuan Tujuan merujuk pada kemampuan pembelajaran bahasa Arab untuk menetapkan tujuan pendidikan yang jelas dan memiliki rencana strategis untuk mencapainya. Integrasi melibatkan harmonisasi berbagai komponen pembelajaran yang termasuk di dalamnya siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran. Latensi. mengacu pada pelestarian pola-pola terbaik dari pembelajaran bahasa Arab yang telah berlangsung.

Disertasi Faiq Ilham Rosyadi berkontribusi pada alternatif model transformasi pembelajaran bahasa Arab di madrasah berbasis pondok pesantren modern. Promovendus berhasil lulus dan dikukuhkan sebagai Doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab dengan predikat “Cumlaude.” Faiq Ilham Rosyadi merupakan doktor kedua dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Program Doktor Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan masa studi 2 tahun 8 bulan 25 hari. Ia merupakan doktor muda mengingat usianya yang baru menyentuh 26 tahun pada saat dilakukan ujian terbuka promosi doktor hari ini.(tim humas)