Rapat Koordinasi Persiapan Pekan Seni dan Olah Raga PTKI: Unggul Terkemuka di Kancah Indonesia dan Dunia

Selasa, 12/04/2022, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan koordinasi sebagai bagian dari persiapan mengikuti ajang perlombaan Pesona (Pekan Seni dan Olah Raga) antar mahasiswa se-PTKIN dan PTKS yang akan diselenggarakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 18-22 Juli 2022. Kegiatan koordinasi ini diikuti oleh elemen-elemen yang tergabung dalam tim internal persiapan seleksi calon kontingen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka) dalam perlombaan Pesona yang terdiri dari perwakilan UKM, para juri, dan koordinator cabang-cabang lomba.

Acara diawali dengan penyampaian perkembangan persiapan seleksi calon kontingen oleh Dr. Ibrahim, M.Pd., selaku ketua delegasi kontingen. Adapun Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., selaku penanggung jawab kontingen memberikan arahan dalam acara tersebut. Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua tim seleksi kontingen sekaligus Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Boy Fendria Djatnika, M.Si., dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Mamat Rahmatullah, M.M. Wakil Rektor III menyampaikan pesan kepada tim seleksi calon kontingen yang akan menjadi perwakilan untuk bisa menorehkan prestasi seperti yang sudah berhasil diraih UIN Suka sebelumnya. Pada beberapa kesempatan lomba sebelumnya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meraih juara umum pada ajang Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VIII Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Jawa Madura 2021. UIN Suka juga berhasil meraih juara umum ke-2 pada ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) ke- I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tahun 2021.

Baca juga: Kisah Sukses Penyelenggaraan IPPBMM VIII 2021 di UIN Sunan Kalijaga; Menabur Benih Menuai Prestasi

Koordinasi persiapan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk penyamaan persepsi dalam melakukan seleksi internal mahasiswa yang kelak akan mewakili kampus. Hasil seleksi per cabang lomba akan diselenggarakan dan diumumkan pada bulan Mei 2022 pasca Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan seleksi terbuka ini diharapkan mampu menyaring dan akhirnya mendapatkan bibit terbaik yang nantinya akan mewakili panji-panji UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mengikuti ajang perlombaan Pesona yang terdiri dari 11 cabang seni dan 8 cabang olah raga. Dr. Abdur Rozaki selaku WR III menaruh harapan besar kepada para kontingen yang lolos seleksi dan terpilih kelak mewakili kampus untuk tidak terlena, dan terus berlatih dengan baik hingga perlombaan tiba. Segala bentuk persiapan teknis dan non teknis terkait perlombaan, termasuk strategi-strategi yang dapat meningkatkan kualitas kontingen harus selalu ditingkatkan. Beliau juga berpesan untuk dapat berprestasi membawa nama UIN Suka Unggul dalam kejuaraan sebagai representasi satu-satunya Universitas di PTKIN yang memperoleh Akreditasi Unggul. (Arbi/Ihza)